MENGUNGKAPKAN PENDAPAT DALAM BENTUK KALIMAT YANG BENAR

MENGUNGKAPKAN PENDAPAT DALAM BENTUK KALIMAT YANG BENAR

Apakah anda pernah mengungkapkan pendapat atau argumen? Bagaimana cara mengungkapnya? Yuk kali ini kami beritahu cara yang benarmengungkapkan oendapat dalam bentuk artikel secara tertulis, ada beberapa hal yang harus anda ketahui sebelum menyusun sebuah pendapat dalam bentuk artikel, ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain struktur artikel opini, argumentasi, dan bahasa yang digunakan.

1. stuktur artikel opini
Pada struktur artikel opini harus diawali dengan pernyataan pendapat (thesis statement) atau topic yang akan kamu kemukakan. Selanjutnya kamu lengkapi dengan beberapa argumentasi tentang prndapat atau pandangan kamu terhadap masalah yang dikemukakan. Pada bagian ini disebut argumentasi (arguments). Bagian akhir artikel berisi pernyataan ulang pendapat (reiteration), yakni penegasan kembali pendapat yang telah di bicarakan agar sipembaca yakin terhadap pandangan atau pendapat yang anda kemukakan.

2. Argumentasi
Bagian ini adalah bagian terpenting yang terdapat pada artikel opini. Argumentasi yang kamu kemukakan harus kuat dan harus didukung dengan data data yang actual atau falid karena apa, karena pada umumnya ratikel itu bersifat actual yang didalamnya terdapat analisis analisis subjektif terhadap permasalahan. Argumentasiyang dikemukakan harus terstruktur agar pesan yang dibaca dapat diserap dengan baik oleh pembaca. Kemudian kamu harus melengkapi tulisan dengan memberikan solusi yang komprehensif.

3. Penggunaan bahasa
Pada bagian ini bahasa yang digunakan harus menggunakan bahasa ilmiah popular,bahasa ini berbeda dengan bahasa bahasa lainnya. Penggunaan bahsa sangatlah penting untuk diperhatikan karena untuk melihat sasaran pembaca. Para pembaca teks artikel cenderung lebih menyukai tulisan yang tidak terlalu panjang mudah dibaca dan mudanh dipahami. Maka pada saat membuat opini gunakanlah bahasa yang komunikatif, tidak bertele dan ringkas penyajianya. Disaat mencari gagasan atau argument harus menggunakan bahasa yang efektif, efisien, dan mudah dipahami. Jika kamu menggunakan bahsa asing atau bahasa daerah, buatlah arti apada kalimat tersebutdalam bahsa Indonesia.

Sekian pembahsan kali ini tentang cara mengunkapkan pendapat dalam bentuk kaliamat yang benar  jika ada pertanyaan silahkan komen dibawah

Belum ada Komentar untuk "MENGUNGKAPKAN PENDAPAT DALAM BENTUK KALIMAT YANG BENAR"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel