Pengertian teks anekdot, struktur, ciri ciri, dan contoh teks anekdot singkat

Teks anekdot adalah salah satu topic yang dibahas dalam pelajaran bahasa Indonesia. Teks ini sering kita temui di berbagai media misalnya pada Koran, majalah dan lain lain. Dengan seiring perkembangan teknologi sehingga teks ini mulai dibuat di berbagai media social. Dan teks ini biasanya berisi tentang sindiran atau lelucon dari tokoh public misalnya para pejabat.

Teks ini berisi humor atau aib dari tokoh yang dibicarakan sehingga memberi pesan sindiran kali ini kami akan memberikan penjelasan tentang teks anekdot.

Baca juga : pengertian, ciri ciri, struktur, kaidah kebahasaan teks resensi



Pengertian teks anekdot

Pengertian teks anekdot sindiran
Teks anekdot sindiran adalh teks Yng berisi sindiran yang didalamnya termuat sebuah kritikan yang menjurus ke unsure politik atau layanan public yang dibuat agar masyarakat tetap tahu tentang apa yang dibicarakan namun didalamnya diselingi dengan sedikit humor atau candaan.
Selain dengan tulisan teks anekdot juga di buat dengan non tulisan ( gambar) yang tetap memberikan unsur humor yang berisi kritikan tentang seseorang atau tokoh penting. Teks anekdot tidak melulu berisi tentang humor, namun di Indonesia apabila ada teks anekdot yang berisi tentang pejabat penting jika tidak di selingi dengan guyonan terasa sangat kurang afdol. Karena biasanya teks ini membahas tentang kesalahan atau insiden yang memalukan dari orang penting sehinggan kita lumrah jika mentrtawakannya.

Dengan kata lain teks anekdot adalah teks yang berisikan kisah nyata dari sesorang yang beisi tentang tingkah laku yang diselipkan unsut humor sehingga siapa saja yang membacanya dapat terhibur.anekdot yang sering kita jumpai saat ini adalah anekdot yang berbentuk gambar atau meme.

Dengan majunnya teknologi xeperti saat ini meme sering kita jumpai di berbagai meia social dengan tujuan agar masyarakat atau pembuat meme dapat terhibur dengan karya nya walaupun karyanyanya tsb beriesi kritikan terhadap tokoh.

Pengertian teks anekdot pendidikan

Teks anekdot pendidiksn adalah teks yang berisi tentang sindiran atau guyonan namun tetap mendidik dengan di berikanya amanat pada cerita.

Pengertian teks anekdot politik

Teks anekdot politik adalah teks yang membahas seputar kehidupan politik yang didalamnya terdapat humor, biasanya yang menjadi objek sindiran adalah tokoh poltik dari masing masing partai.

Struktur teks anekdot

Struktur teks anekdot terdapat 5 macam bagian yaitu abstraksi, orientasi, event, krisis, reaksi, koda. Dengan penjelasannya sebagai berikut
1. abstraksi yaitu bagian teks anekdot yang berisikan gambaran dari suatu topic yang di bicarakan
2. orientasi yaitu bagian awal dari cerita yang berisikan latarbelakang peristiwa tersebut dapat terjadi.
3. krisis adalah bagian yang mendeskripsikan masalah utama dari topic yang di bicarakan.
4. reaksi adalah bagian dimana kalimat tersebut membuat kita bereaksi tentang apa yang sedang dibicarakan. Dan pada bagian inilah candaan atau humor di masukan kedalam teks.
5. koda dalah penutup atau akhir dari teks

Ciri ciri teks anekdot

Teks anekdot memiliki ciri ciri  sebagai berikut
1. crita yang dibawakan secara singkat padat dan jelas.
2. berisi tentang lelucon sindiran
3. cerita yang dibahas adalah orang terdekat atau orang penting
4. terselip kritikan namun tetap memberikan amanat
5. biasanya sering menggunakan perumpamaan

Contoh teks anekdot singkat

Guru ilmu hukum yang tidak pernah beriri dari tempat duduknya
Sutau hari didalam kelas di salah satu kampus terdapat 2 orang maha siswa yang sendang membicarakan dosennya
Riko: jar mengapa ya kok pak dosen disaat mengajar tidak pernah bangkit dari  tempat duduknya
Fajar : mungkin pak dosen takut kali kursinya diduduki orang lain
Riko dan fajar pun langsung tertawa

Belum ada Komentar untuk "Pengertian teks anekdot, struktur, ciri ciri, dan contoh teks anekdot singkat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel